Posted by : Unknown 5 Nov 2014



Perbandingan 3 Teknologi Pendidikan : E-Learning, Video Pembelajaran, dan Televisi Pendidikan
Makalah
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Konsep Teknologi yang diampu oleh Budi Laksono Putro, MT.
Disusun Oleh :
 Rizki Egi Purnama                 1303972



Kelas A












PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2014


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
            Dengan masuknya era globalisasi, dunia pendidikan pun mengalami perkembangan terutama di bidang teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran yang baru ini dapat mempermudah peran pengajar dalam menyampaikan pemateriannya agar dapat mudah dipahami oleh peserta didik. Peserta didik pun mendapat pengetahuan yang lebih dengan berkembangnya teknologi seperti jaman sekarang. Sekarang ada media pembelajaran yang bernama e-learning dimana kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja dengan tidak ada batasan waktu, selain itu ada juga televisi edukasi yang menayangkan acara-acara yang memudahkan peserta didik untuk  mendapatkan materi , dan adanya peran video dalam pembelajaran yang sama-sama memudahkan peserta didik ketika pembelajaran di kelas.    
1.2 Rumusan Masalah
            Adapun rumusan masalah yang muncul dalam makalah ini
·         Apa kelebihan dari ketiga teknologi pendidikan tersebut?
·         Apa kekurangan dari ketiga teknologi pendidikan tersebut?
·         Manakah dari ketiga teknologi pendidikan berikut yang lebih efektif?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah
·         Mengetahui keuntungan masing-masing dari ketiga teknologi tersebut.
·         Mengetahui kerugian masing-masing dari ketiga teknologi tersebut
·         Untuk mengetahui teknologi pendidikan manakah yang efektif dari e-learning,televisi pendidikan, dan peran video dalam media pembelajaran.










BAB II
PEMBAHASAN
2.1 E-Learning
Sekilas perlu kita pahami ulang apa e-Learning itu sebenarnya. E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.
Salah satu dari pembelajaran E-Learning adalah MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
2.1 Kelebihan dan Kekurangan E-Learning
Berikut merupakan kelebihan dari e-learning :
·         Lebih mudah mendapatkan materi atau info
·         Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak
·         Pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga
·         Dapat berinteraksi langsung dengan siapapun
Berikut merupakan kekurangan dari e-learning
·         Tidak ada guru pendamping langsung ketika ada materi yang tidak dipahami.
·         Harus terdapat perangkat teknologi yang dapat mengakses internet.
2.2 Televisi Pendidikan
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang digunakan untuk memancarkan dan menerima siaran gambar bergerak, baik itu yang monokrom (“hitam putih”) maupun warna, biasanya dilengkapi oleh suara. Menurut Oemar Hamalik (1985:134) mengemukakan bahwa televisi sesungguhnya adalah perlengkapan elektronik, yang pada dasarnya sama dengan gambar hidup yang meliputi gambar dan suara. Televisi pendidikan adalah sebuah stasiun televisi di Indonesia yang khusus ditujukan untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan sebagai media pendidikan pembelajaran masyarakat.
Media televisi tidak hanya mengajarkan tingkah laku dan juga tindakan sebagai stimulus membangkikan tingkah laku untuk dipelajari dari sumber-sumber lain. Ini menunjukkan bahwa media televisi memiliki kekuatan yang ampuh (powerfull) bagi permirsanya, termasuk untuk keperluan pendidikan. Televisi pendidikan Indonesia ini di selenggarakan dengan dorongan semangnat untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, serta untuk membantu mewujudkan hak semua warga negara Indonesia untuk memperoleh pengajaran.
2.2.1 Manfaat dan Tujuan Televisi
Televisi pendidikan Indonesia ini di selenggarakan dengan dorongan semangat dengan tujuan untuk:
·         Membantu mencerdaskan kehidupan bangsa,
·         Membantu mewujudkan hak semua warga negara Indonesia untuk memperoleh pengajaran,
·         Mempunyai misi untuk mewujudkan manusia – manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama – sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa,
Sedangkan manfaat dengan adanya televisi pendidikan antara lain :
·         Televisi dapat memberikan kejadian – kejadian yang sebenarnya pada saat suatu peristiwa terjadi dengan di sertai komentar penyiarnya,
·         Televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk peran serta masyarakat,
·         Televisi dengan gambar audio visual sangat membantu dalam mengembangkan daya kreasi,
·         Menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan berfungsi sebagai media pembelajaran masyrakat,
·         Memberikan pesan yang dapat diteima secara lebih merata oleh peserta didik
·         Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses,
·         Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu,
·         Lebih realistis, dapat diulang-ulang dan dihentikan sesuai dengan kebutuhan,
·         Memberikan kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi sikap peserta didik
2.2.2 Kekurangan Dan Kelebihan Televisi Pendidikan
Televisi pendidikan yang mengundang banyak kontroversi antara pihak yang setuju dengan pihak yang tidak setuju adanya televisi pendidikan mempunyai beberapa kekurangan yaitu :
- Biaya operasionalnya yang cukup mahal
- TV terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut,
- Apabila pembelajaran melalui televisi dilakukan dengan siaran langsung, maka yang pasti akan terjadi adalah kesulitan terintegrasikannya jadwal siaran pembelajaran di televisi dengan jadwal pembelajaran di sekolah,
- Diperlukan adanya persiapan terlebih dahulu sebelum proses pemebelajaran berlangsung.
- Terbatas karena kondisi geografis bercorak kepulauan dan pegunungan
Selain mempunyai kekurangan,televisi pendidikan juga mempunyai kelebihan diantaranya :
- Bersifat langsung dan nyata, serta dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya,
- Memperluas tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau beerbagai negara,
- Dapat menciptakan kembali peristiwa masa lampau,
- Dapat mempertunjukkan banyak hal dan banyak segi yang beraneka ragam,
- Banyak mempergunakan sumber – sumber masyarakat,
- Menarik minat peserta didik,
- Dapat melatih guru, baik dalam pre-servise maupun dalam invervice training,
- Masyarakat diajak berpatisipasi dalam rangka meningkatkan perhatian terhadap sekolah.


2.3 Manfaat Video dalam Pembelajaran
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh dari video pembelajaran adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan. Adapun manfaat penggunaan media video pada proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
Sangat membantu tenaga pengajar dalam mencapai efektifitas pembelajaran khususnya pada mata pelajaran yang mayoritas praktek.
·         Memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam waktu yang singkat.
·         Dapat merangsang minat belajar peserta didik untuk lebih mandiri.
·         Peserta didik dapat berdiskusi atau minta penjelasan kepada teman sekelasnya.
·         Peserta didik dapat belajar untuk lebih berkonsentrasi.
·         Daya nalar Peserta didik lebih terfokus dan lebih kompeten.
·         Peserta didik menjadi aktif dan termotivasi untuk mempraktekan  latihan-latihan.
·         Hal-hal yang bersifat abstrak dapat dikonkretkan
2.3.1 Kelebihan dan Kekurangan Video dalam Pembelajaran
Kelebihan Media Video Pembelajaran :
·         Mengatasi jarak dan waktu
·         Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realistis dalam waktu yang singkat
·         Dapat membawa siswa berpetualang dari negara satu ke negara lainnya, dan dari masa yang satu ke masa yang lain.
·         Dapat diulang-ulang bila perlu untuk menambah kejelasan
·         Pesan yang disampaikannya cepat dan mudah diingat.
·         Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa
·         Mengembangkan imajinasi
·         Memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistik
·         Mampu berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikanrealitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
·         Mampu berperan sebagai storyteller yang dapat memancing kreativitas peserta didik dalam mengekspresikan gagasannya.
Kelemahan Media Video Pembelajaran
·         sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut;
·         pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya tidak murah
·         dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya, dan lain-lain.





















BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Pada dasarnya semua teknologi pendidikan dalam media pembelajaran adalah untuk mempermudah pengajar dalam melakukan penyampaian materi ke peserta didik. Namun dari ketiga teknologi ini semua memiliki kelebihan dan kekurangan berikut merupakan salah satu dari kelebihan dan kekurangan pada teknologi e-learning, televisi pendidikan dan video pembelajaran
Kelebihan dari elearning :
·         Lebih mudah mendapatkan materi atau info.
·         Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak.
Kekurangan dari elearning:
·         Tidak ada guru pendamping langsung ketika ada materi yang tidak dipahami.
Kelebihan dari televisi pendidikan :
·         Memperluas tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau beerbagai negara,
Kekurangan dari televisi pendidikan
·         Biaya Operasinya cukup mahal.
Kelebihan dari video pembelajaran:
·         Dapat diulang-ulang bila perlu untuk menambah kejelasan.
Kekurangan dari video pembelajaran
·         pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya tidak murah.
Penulis menyarankan berdasarkan keuntungan dan kerugian dari ketiga teknologi pendidikan dalam bidang pembelajaran yang paling efektif untuk dipakai adalah
1. E-Learning
2. Video Pembelajaran
3. Televisi Edukasi
















DAFTAR PUSTAKA
Perkuliahan KT Budi Laksono Putro http://budi.staf.upi.edu
Syaedah,Noor.2012. Pengertian dan Manfaat Elearning. [Online] Tersedia : http://indahartikelpembelajaran.wordpress.com/ .
Hidayah,Nurul.Televisi Pendidikan.[Online] Tersedia : http://nurul-pai.blogspot.com/
Anonymous .Kelebihan dan kekurangan video pembelajran.[Online] Tersedia http://rizcybl.wordpress.com/    
Desi,Nurayini.2012.Manfaat Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran.[Online] Tersedia : http://nuryanidesisafitri-pgsdipab.blogspot.com/2012/11/Manfaat-Penggunaan-Video-Sebagai-Media-Pembelajaran.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Followers this site

Copyright 2012 . Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Bagi - Bagi Ilmu -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -