- Back to Home »
- Perbandingan 3 Teknologi Pendidikan : E-Learning, Video Pembelajaran, dan Televisi Pendidikan
Posted by : Unknown
5 Nov 2014
Perbandingan 3 Teknologi Pendidikan : E-Learning, Video Pembelajaran,
dan Televisi Pendidikan
Makalah
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata
kuliah Konsep Teknologi yang diampu oleh Budi Laksono Putro, MT.
Disusun Oleh :
Rizki
Egi Purnama 1303972
Kelas A
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
FAKULTAS
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Dengan masuknya era globalisasi, dunia pendidikan pun
mengalami perkembangan terutama di bidang teknologi pendidikan dalam
pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran yang baru ini dapat mempermudah
peran pengajar dalam menyampaikan pemateriannya agar dapat mudah dipahami oleh
peserta didik. Peserta didik pun mendapat pengetahuan yang lebih dengan
berkembangnya teknologi seperti jaman sekarang. Sekarang ada media pembelajaran
yang bernama e-learning dimana kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja
dengan tidak ada batasan waktu, selain itu ada juga televisi edukasi yang
menayangkan acara-acara yang memudahkan peserta didik untuk mendapatkan materi , dan adanya peran video
dalam pembelajaran yang sama-sama memudahkan peserta didik ketika pembelajaran
di kelas.
1.2
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang muncul dalam makalah ini
·
Apa kelebihan dari ketiga teknologi
pendidikan tersebut?
·
Apa kekurangan dari ketiga teknologi
pendidikan tersebut?
·
Manakah dari ketiga teknologi pendidikan
berikut yang lebih efektif?
1.3
Tujuan
Adapun
tujuan dari makalah ini adalah
·
Mengetahui keuntungan masing-masing dari
ketiga teknologi tersebut.
·
Mengetahui kerugian masing-masing dari
ketiga teknologi tersebut
·
Untuk mengetahui teknologi pendidikan
manakah yang efektif dari e-learning,televisi pendidikan, dan peran video dalam
media pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1 E-Learning
Sekilas
perlu kita pahami ulang apa e-Learning itu sebenarnya. E-Learning
adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan
teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning
memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka
masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di
kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk
pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal
atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus
didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun
internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun
termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar
dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD,
selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat
di mana dia berada.
Salah
satu dari pembelajaran E-Learning adalah MOODLE (singkatan dari Modular
Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang
diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang
menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah
satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan
teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau
e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka
(open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan
sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
2.1 Kelebihan dan Kekurangan
E-Learning
Berikut
merupakan kelebihan dari e-learning :
·
Lebih mudah mendapatkan materi atau info
·
Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak
·
Pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga
·
Dapat berinteraksi langsung dengan siapapun
Berikut merupakan
kekurangan dari e-learning
·
Tidak ada guru pendamping langsung
ketika ada materi yang tidak dipahami.
·
Harus terdapat perangkat teknologi yang
dapat mengakses internet.
2.2
Televisi Pendidikan
Televisi
adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang digunakan untuk memancarkan
dan menerima siaran gambar bergerak, baik itu yang monokrom (“hitam putih”)
maupun warna, biasanya dilengkapi oleh suara. Menurut Oemar Hamalik (1985:134)
mengemukakan bahwa televisi sesungguhnya adalah perlengkapan elektronik, yang
pada dasarnya sama dengan gambar hidup yang meliputi gambar dan suara. Televisi
pendidikan adalah sebuah stasiun televisi di Indonesia yang khusus ditujukan
untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan sebagai media pendidikan
pembelajaran masyarakat.
Media
televisi tidak hanya mengajarkan tingkah laku dan juga tindakan sebagai
stimulus membangkikan tingkah laku untuk dipelajari dari sumber-sumber lain.
Ini menunjukkan bahwa media televisi memiliki kekuatan yang ampuh (powerfull)
bagi permirsanya, termasuk untuk keperluan pendidikan. Televisi pendidikan
Indonesia ini di selenggarakan dengan dorongan semangnat untuk membantu
mencerdaskan kehidupan bangsa, serta untuk membantu mewujudkan hak semua warga
negara Indonesia untuk memperoleh pengajaran.
2.2.1
Manfaat dan Tujuan Televisi
Televisi pendidikan Indonesia ini di
selenggarakan dengan dorongan semangat dengan tujuan untuk:
·
Membantu mencerdaskan kehidupan bangsa,
·
Membantu mewujudkan hak semua warga
negara Indonesia untuk memperoleh pengajaran,
·
Mempunyai misi untuk mewujudkan manusia
– manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama – sama
bertanggung jawab atas pembangunan bangsa,
Sedangkan
manfaat dengan adanya televisi pendidikan antara lain :
·
Televisi dapat memberikan kejadian –
kejadian yang sebenarnya pada saat suatu peristiwa terjadi dengan di sertai
komentar penyiarnya,
·
Televisi pendidikan sebagai salah satu
bentuk peran serta masyarakat,
·
Televisi dengan gambar audio visual
sangat membantu dalam mengembangkan daya kreasi,
·
Menyebarkan informasi di bidang
pendidikan dan berfungsi sebagai media pembelajaran masyrakat,
·
Memberikan pesan yang dapat diteima
secara lebih merata oleh peserta didik
·
Sangat bagus untuk menerangkan suatu
proses,
·
Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu,
·
Lebih realistis, dapat diulang-ulang dan
dihentikan sesuai dengan kebutuhan,
·
Memberikan kesan yang mendalam, yang
dapat mempengaruhi sikap peserta didik
2.2.2 Kekurangan Dan
Kelebihan Televisi Pendidikan
Televisi pendidikan yang mengundang
banyak kontroversi antara pihak yang setuju dengan pihak yang tidak setuju
adanya televisi pendidikan mempunyai beberapa kekurangan yaitu :
-
Biaya operasionalnya yang cukup mahal
-
TV terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi
tersebut,
-
Apabila pembelajaran melalui televisi dilakukan dengan siaran langsung, maka
yang pasti akan terjadi adalah kesulitan terintegrasikannya jadwal siaran
pembelajaran di televisi dengan jadwal pembelajaran di sekolah,
-
Diperlukan adanya persiapan terlebih dahulu sebelum proses pemebelajaran
berlangsung.
-
Terbatas karena kondisi geografis bercorak kepulauan dan pegunungan
Selain
mempunyai kekurangan,televisi pendidikan juga mempunyai kelebihan diantaranya :
- Bersifat langsung dan nyata, serta
dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya,
- Memperluas tinjauan kelas, melintasi
berbagai daerah atau beerbagai negara,
- Dapat menciptakan kembali peristiwa
masa lampau,
- Dapat mempertunjukkan banyak hal dan
banyak segi yang beraneka ragam,
- Banyak mempergunakan sumber – sumber
masyarakat,
- Menarik minat peserta didik,
- Dapat melatih guru, baik dalam
pre-servise maupun dalam invervice training,
- Masyarakat diajak berpatisipasi dalam
rangka meningkatkan perhatian terhadap sekolah.
2.3
Manfaat Video dalam Pembelajaran
Secara
umum manfaat yang dapat diperoleh dari video pembelajaran adalah proses
pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat
dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar
dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat
ditingkatkan. Adapun manfaat penggunaan media video pada proses pembelajaran
adalah sebagai berikut :
Sangat membantu tenaga
pengajar dalam mencapai efektifitas pembelajaran khususnya pada mata pelajaran
yang mayoritas praktek.
·
Memaksimalkan pencapaian tujuan
pembelajaran dalam waktu yang singkat.
·
Dapat merangsang minat belajar peserta
didik untuk lebih mandiri.
·
Peserta didik dapat berdiskusi atau
minta penjelasan kepada teman sekelasnya.
·
Peserta didik dapat belajar untuk lebih
berkonsentrasi.
·
Daya nalar Peserta didik lebih terfokus
dan lebih kompeten.
·
Peserta didik menjadi aktif dan
termotivasi untuk mempraktekan
latihan-latihan.
·
Hal-hal yang bersifat abstrak dapat
dikonkretkan
2.3.1
Kelebihan dan Kekurangan Video dalam Pembelajaran
Kelebihan Media Video
Pembelajaran :
·
Mengatasi jarak dan waktu
·
Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa
masa lalu secara realistis dalam waktu yang singkat
·
Dapat membawa siswa berpetualang dari
negara satu ke negara lainnya, dan dari masa yang satu ke masa yang lain.
·
Dapat diulang-ulang bila perlu untuk
menambah kejelasan
·
Pesan yang disampaikannya cepat dan
mudah diingat.
·
Mengembangkan pikiran dan pendapat para
siswa
·
Mengembangkan imajinasi
·
Memperjelas hal-hal yang abstrak dan
memberikan penjelasan yang lebih realistik
·
Mampu berperan sebagai media utama untuk
mendokumentasikanrealitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
·
Mampu berperan sebagai storyteller yang
dapat memancing kreativitas peserta didik dalam mengekspresikan gagasannya.
Kelemahan Media Video
Pembelajaran
·
sebagaimana media audio-visual yang
lain, video juga terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan
materi tersebut;
·
pemanfaatan media ini juga terkesan
memakan biaya tidak murah
·
dan penanyangannya juga terkait
peralatan lainnya seperi videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya, dan
lain-lain.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pada dasarnya semua teknologi pendidikan dalam media
pembelajaran adalah untuk mempermudah pengajar dalam melakukan penyampaian
materi ke peserta didik. Namun dari ketiga teknologi ini semua memiliki
kelebihan dan kekurangan berikut merupakan salah satu dari kelebihan dan
kekurangan pada teknologi e-learning, televisi pendidikan dan video
pembelajaran
Kelebihan dari elearning :
Kelebihan dari elearning :
·
Lebih mudah mendapatkan materi atau info.
·
Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak.
Kekurangan dari elearning:
·
Tidak ada guru
pendamping langsung ketika ada materi yang tidak dipahami.
Kelebihan dari televisi pendidikan :
·
Memperluas tinjauan kelas, melintasi
berbagai daerah atau beerbagai negara,
Kekurangan dari televisi pendidikan
·
Biaya Operasinya cukup
mahal.
Kelebihan dari video pembelajaran:
·
Dapat diulang-ulang bila perlu untuk
menambah kejelasan.
Kekurangan
dari video pembelajaran
·
pemanfaatan media ini juga terkesan
memakan biaya tidak murah.
Penulis
menyarankan berdasarkan keuntungan dan kerugian dari ketiga teknologi
pendidikan dalam bidang pembelajaran yang paling efektif untuk dipakai adalah
1.
E-Learning
2.
Video Pembelajaran
3.
Televisi Edukasi
DAFTAR
PUSTAKA
Syaedah,Noor.2012. Pengertian dan Manfaat Elearning.
[Online] Tersedia : http://indahartikelpembelajaran.wordpress.com/
.
Hidayah,Nurul.Televisi Pendidikan.[Online] Tersedia : http://nurul-pai.blogspot.com/
Anonymous .Kelebihan dan kekurangan video
pembelajran.[Online] Tersedia http://rizcybl.wordpress.com/
Desi,Nurayini.2012.Manfaat Penggunaan Video Sebagai Media
Pembelajaran.[Online] Tersedia : http://nuryanidesisafitri-pgsdipab.blogspot.com/2012/11/Manfaat-Penggunaan-Video-Sebagai-Media-Pembelajaran.html