Posted by : Unknown 12 Des 2014



UAS KONSEP TEKNOLOGI

Makalah
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Konsep Teknologi yang diampu oleh Budi Laksono Putro,.

Disusun Oleh :
 Rizki Egi Purnama                 1303972



Kelas A


















PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2014


A. Teknologi
                Teknologi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebuah metode ilmiah, Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan manusia. Secara umum Teknologi adalah segala sesuatu hal yang dapat memudahkan manusia dalam melakukan sesuatu.
                Teknologi pada zaman era 90-an adalah sebuah teknologi yang basisnya bermain pada level hardware atau perangkat keras. Pada era 90-an komputer masih berkembang dan dibuat lebih canggih lagi, sama halnya dengan alat komunikasi dari awalnya hanya surat-menyurat sampai sekarang ada fitur SMS (Short Messages Service), bahkan sekarang ada teknologi internet.
Teknologi Internet inilah yang mengubah cara hidup manusia dan mengubah level teknologi yang asalnya pada level hardware atau perangkat keras ke sebuah perangkat yang tidak terlihat atau software atau yang biasa disebut perangkat lunak . Teknologi internet saat ini paling mudah dijumpai dan sangat bermanfaat bagi semua orang di bumi ini. Maka dari itu dengan memanfaatkan teknologi ini perlu mengandalkan inovasi dari setiap pengembang . Inovasi adalah sebuah ide atau gagasan baru, ini memiliki peranan penting dalam keberlangsungan suatu teknologi hardware bertahan atau tidak.
                Mungkin setiap orang saat ini sudah mengetahui bahkan bisa mengoperasikan komputer karena memudahkan sebuah pekerjaan dan sangat aman terhadap keamanan data, serta kemudahan mengakses informasi ketika terhubung dengan internet. Namun kendala dari komputer adalah tidak bisa dibawa kemana-mana, maka diciptakanlah laptop tetapi sama laptop pun masih terasa berat jika dijinjing terus menerus, dan akhirnya terciptalah smartphone yang memudahkan setiap orang dengan memiliki fungsi seperti komputer.
                Smartphone pada teknologi sekarang mengandalkan kemudahan pad fitur-fitur, ada 3 macam teknologi yang bersifat software saat ini yang sedang dan masih mendominasi dikalangan teknologi smartphone, yaitu Android, Ios, dan Window Phone.
B.Siklus Produk
Teknologi muncul ketika terdapat masalah yang sama pada pasar sehingga menjadi sebuah kebutuhan bersama lalu dibuatlah sebuah teknologi. Teknologi memiliki 3 fase yaitu fase awal, fase puncak, dan fase akhir.

 



Seperti terlihat pada gambar di atas ini bahwa sebuah teknologi memiliki siklus angka 1 menunjukkan fase awal teknologi tersebut lahir, angka 2 menunjukkan bahwa teknologi tersebut berada pada posisi puncak, dan angka 3 menunjukkan bahwa fase akhir dari sebuah siklus teknologi. Sebuah teknologi akan mapan saat 10x siklus misalnya adalah window. Produk window telah lama ada dari versi window 95 , window 97, sampai XP window telah mengeluarkan beberapa jenis OS versi windows sampai sekarang terdapat windows 8 dan akan keluar windows 10. Windows memiliki siklus yang tidak sama dengan siklus diatas windows memiliki siklus yang berulang dimana pengulangannya itu berada ketika sebuah produk tersebut berada di titik puncak. Siklusnya pun berubah menjadi seperti ini.




















Gambar di atas ini merupakan fase dimana sebuah teknologi melakukan pengembangan kepada teknologi yang sudah ada. Metode ini pulalah digunakan oleh Android, dan Ios sehingga pasarnya menjadi seperti sekarang. Berikut merupakan gambar grafik penjualan dari beberapa Operating System pada handphone. Dimana akan terlihat Symbian OS atau produk Nokia yang terlambat melakukan inovasi mengalami penurunan sedangkan android sebaliknya .
C. White Box Testing dan Black Box Testing


                White box testing adalah pengujian didasarkan pada pengecekan terhadap detail perancangan, dikerjakan secara procedural untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian. Kelebihan dari white box sendiri adalah melihat kondisi yang kemungkinan terjadi kesalahan logika. Namun dalam kondisi tertentu white box testing dianggap strategi yang tergolong boros baik dari segi waktu ataupun segi materi. Sedangkan Black box adalah pengujian yang dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Kelebihan dari metode ini dapat memilih subset  secara efektif dan efisien, dapat menemukan cacat. Kelemahannya tester tidak pernah yakin apakah alat yang diuji terebut benar-benar lulus uji. Setiap banyaknya masalah akan menjadi sebuah kebutuhan dan sebuah kebutuhan harus memiliki solusi, dan setiap solusi harus di testing apakah menyelesaikan sebuah masalah atau tidak.
D. Posisi dan Strategi Pasar

                Strategi Pasar pada dasarnya berbeda-beda cara dan jenisnya, strategi pasar ada yang di awal, ada yang dipertengahan, dan ada juga strategi pasar yang akan mati. Strategi pasar yang berada di awal misalnya adalah handphone Xiaomi.


 




Sebagai handphone merk baru Xiaomi tahu posisi dan memiliki strategi yang cerdas, berikut adalah beberapa strategi xiaomi.
- Viralitas Sosial Media
                Memasarkan produknya dengan budget rendah, dengan memanfaatkan sosial media.
- Hunger Marketing
Ketika permintaan pasar tinggi Xiaomi justru melakukan skenario pembatasan produksi sehingga menjadi topik pembicaraan di situs-situs gadget.
- Memiliki Forum sendiri
Seperti terdahulunya Xiaomi pun tidak mau kalah dengan membuat forum tersendiri, agar pengguna dapat berhubungan dengan Xiaomi secara cepat dan mudah.
Strategi yang berada di tengah atau sedang akan dipuncak contohnya adalah Produk Apple yaitu iPhone, Posisi Apple pada tahun 2014 berada diposisi 2 pangsa pasar dibawah samsung. Berikut adalah beberapa strategi Apple.
- Inovasi
Apple memanfaatkan produk yang sudah populer yaitu iPod dan telepon genggam dan menyatukan 2 konsep tersebut.
                - Strategi branding dalam pemasaran
Dengan logo serta nama perusahaan yang mudah diingat, Apple menanamkan ide bahwa barang-barang produksinya merupakan teknologi canggih yang mudah digunakan dan user friendly, kebalikan dari pemahaman umum bahwa semakin canggih suatu alat, semakin rumit pengoperasiannya.
-          Pemanfaatan media pemasaran secara maksimal
Mereka membuat situs yang berisi mulai dari petunjuk umum pemakaian iPhone, tips dan trik serta update aplikasi serta seri terbaru.

-          Target pemasaran yang potensial
Apple sudah memiliki pasar dan menyadari kaum profesional muda yang jumlahnya terus berkembang.
Contoh Strategi yang akan mati adalah BBM, BBM akan mati karena segala keterlambatan kebijakan dan strategi yang mereka gunakan, berikut adalah strategi BBM untuk bertahan di pasar Indonesia.
-          Strategi Premium
BlackBerry berupaya menyampaikan kepada masyarakat akan adobsi produk BlackBerry premium. Melalui produk ponsel BlackBerry Z10 dan BlackBerry Z3 sebagai ponsel kelas premium di Indonesia.
-          EnterPrise
Melalui sektor enterprise ini, BlackBerry berupaya mengadopsi BlackBerry 10 untuk BlackBerry Enterprise Service (BES 10) bersama operator seluler.
-          BBM Multiplatform (BlackBerry for Android dan iPhone)
BlackBerry for Android dan iPhone dibuka menjadi layanan multiplatform adalah keputusan yang cukup mengejutkan.
-          Kerja Sama dengan pengembang aplikasi
Guna menyediakan aplikasi di Blackberry World, BB di Indonesia menjalin kerjasama dengan pengembang aplikasi lokal dari Indonesia.
E.Dimensi
                Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Terdapat 4  pengelompokan sistem  dimensi, antara lain :
1.  Tempat Sama, Waktu Sama
                Contoh dalam hal ini  adalah pengajaran dikelas,  sistem pendukun keputusan kelompok, sebuah presentasi, dan sebagainya.
2.  Tempat Sama, Waktu  Berbeda
                 Contoh dalam hal ini adalah Post-It Notes dimana seorang pekerja A meninggalkan pesan untuk pekerja B pada jam kerja yang berbeda, Shift Cashier ,dan Pekerja Shift 
3. Tempat Berbeda, Waktu Sama
                Contoh dalam hal ini adalah Telepon, Skype, Google Hangout, Game Online pada komputer, dan sebagainya.
4. Tempat Berbeda, Waktu Berbeda.
                Contoh dalam hal ini adalah Youtube, Email, dan Blog.




Sumber :
Perkuliahan KT Budi Laksono Putro http://budi.staf.upi.edu
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Paragian,Yasser.2014. Pangsa Pasar Terbesar Android OS Paling Rentan Grafik [online].Tersedia:http://id.techinasia.com/pangsa-pasar-terbesar-android-os-paling-rentan-grafik/ (20 Oktober 2014)’
http://www.purwadhikapress.com/apa-perbedaan-antara-white-box-testing-dan-black-box-testing.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Followers this site

Copyright 2012 . Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Bagi - Bagi Ilmu -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -