Posted by : Unknown 10 Agu 2015

NAMA                         : Rizki Egi Purnama
NIM                 : 1303972
PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER A
Alamat Blog   : bbilmu.blogspot.com
ETIKA GURU
            Dari salah satu situs yang penulis baca etika adalah sesuatu yang berhubungan dengan moral, yaitu hal-hal yang mengenai dengan nilai,ilmu tentang tingkah laku dan ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang benar. Perilaku etika dapat meliputi pengabdian, kesetiaan, kepekaan , persamaan, pertanggungjawaban dan juga kepantasan.
            Guru merupakan sebuah profesi yang sangat penting bagi suatu umat manusia. Peran guru akan berdampak pada berhasil atau tidaknya masyarakat dalam suatu negara. Selama sekolah dan sampai saat ini sebetulnya penulis hampir tidak menemukan guru yang cara pengajarannya sama. Setiap guru memiliki cara pandang dan teknik yang berbeda ketika akan mengajar. Ada yang memiliki cara mengajar yang baik, ada juga yang sepertinya hanya sekedar formalitas untuk mengajar.
            Guru yang baik juga biasanya akan menjadi seorang tauladan bagi para siswanya. Salah satu sikap guru yang baik selain penguasaan materi yang baik  adalah ketika dalam proses belajar mengajar siap dan menerima masukan baik itu kritik ataupun saran dari peserta didiknya dan berani mengaku salah jika memang dalam pengajarannya ada yang salah. Akan tetapi apa yang benar itu belum tentu baik dan yang baik itu belum tentu benar. Guru juga harus bisa mempengaruhi dan mengendalikan peserta didiknya. Guru pun hendaknya menghargai potensi yang ada di dalam setiap siswanya.
             Di Indonesia pendidikan karakter selalu diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat di setiap tahunnya. Karena banyak tingkah laku siswa yang tidak mencerminkan anak terpelajar. Dalam konteks etika guru pun menjadi ranah yang sangat penting dimana guru yang memiliki tingkat pengetahuan lebih harus bersikap, bukan tidak mungkin karakter pemuda kita seperti ini pun karena guru.

            Selama di dunia pendidikan penulis mungkin guru-guru SMP penulislah yang paling banyak menjadi panutan dan juga berpengaruh kepada kehidupan penulis. Bukan hanya cara pengajarannya yang baik namun pendidikan karakter diutamakan ketika SMP. Berbagai macam guru ada dari yang paling tegas cenderung galak sampai yang paling lucu, sehingga para siswa terpacu dan merasa nyaman dalam belajar bahkan hampir tidak ada guru yang sekedar formalitas mengisi pembelajaran. Penulis mohon maaf jika ada kesalahan kata yang terucap, mungkin karena pengetahuan dan pengalaman penulis yang masih kurang.
terima kasih telah membaca tulisan ini semoga pendidikan di Indonesia dan calon-calon guru atau guru yang membaca ini menjadi lebih baik. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Followers this site

Copyright 2012 . Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Bagi - Bagi Ilmu -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -